Thursday 10 February 2011

Implementasi Jarkom

Seperti kita ketahui, Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.Dalam sehari-hari, secara sadar atau tidak sadar kita telah mengimplementasikan jaringan komputer di kehidupan kita.

1. Implementasi Jarkom pada Bisnis :
    Bukan hal yang asing bagi kita, bahwa saat ini berbisnis-pun tidak harus melulu berdagang di toko dan menunggu barang dagangan kita laku. Seiring berlalunya waktu maka kebutuhan teknologi akan semakin maju. Dapat kita lihat saat ini banyak Jual-Beli Online yang sepertinya sudah menjamur. Jual-Beli Online tersebut adalah contoh dari implementasi Jarkom pada bidang bisnis. Dengan bermodalkan internet, maka kita dapat menjual dan mempromosikan barang dagangan kita secara cepat. Begitu-pun bagi pembeli, tidak harus repot-repot datang ke mall, toko, atau pasar untuk membeli barang yang dicari, hanya cukup searching online maka kita dapat menemukan banyak barang sesuai kemauan kita.

2. Implementasi Jarkom pada Mobile Network :
    Mendengar kata kita sedang "Online on Mobile" bukanlah suatu hal yang mengherankan saat ini, dimana hampir semua Mobile atau sebut saja Handphone mengimplementasikan Jarkom pada penggunaanya. Contohnya : Symbian Phone, Smart Phone, Android, iPhone, dilengkapi dengan teknologi internet yang membuat penggunanya dapat melakukan hal yang hampir sama dengan laptop/komputernya di rumah dengan adanya jaringan internet. Jadi, kita tidak perlu repot membawa laptop yang ukurannya besar, hanya dengan handphone di tangan dan praktis bisa di masukkan ke saku maka kita dapat menjangkau dunia.

3. Implementasi Jarkom pada Rumah :
    Jaringan Komputer telah merambah kemana saja, termasuk di setiap rumah di kawasan maju mungkin bukan hal yang tak mungkin bahwa setiap rumah telah dilengkapi dengan fasilitas yang menggunakan jaringan komputer. Contohnya saja tidak setiap orang bekerja harus datang ke tempat kerja karena dengan adanya jaringan komputer, maka kita dapat mengakses pekerjaan dimana saja termasuk di rumah. Hal ini dapat sangat mengefisienkan waktu kita.

4. Implementasi Jarkom pada Perbankan :
    Kita ambil satu contoh, adanya mesin ATM adalah salah satu penerapan jaringan komputer yang dipakai di perbankan. Dengan adanya mesin tersebut, kita dapat mengakses keperluan kita pada mesin ATM, dimana mesin tersebut telah terhubung dengan komputer pusat bank tersebut. Dengan demikian, semakin banyaklah manfaat dari jaringan komputer tersebut dan semakin banyak implementasi jaringan tersebut, dengan demikian waktu akan semakin digunakan dengan seefisien mungkin.



No comments:

Post a Comment